3 Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Di Android

03 June 2021

3 Cara mengatasi data seluler tidak muncul di Android menjadi topik yang kali ini ingin saya bahas. Penyebabnya karena baru saja saya mengalami masalah ini.

Setelah mencoba berbagai cara akhirnya saya berhasil mengatasinya. Dan untuk membantu siapa saja yang mengalami masalah serupa saya tulis semua cara yang pernah saya lakukan.

Saya yakin jika masalah ini bisa saya alami, pastinya banyak orang diluar sana juga yang mengalami masalah serupa. Karena itu saya publikasikan tulisan ini supaya bermanfaat bagi banyak orang. 

Nah bagi Anda yang baru saja membeli Simcard baru dan mengalami masalah yang sama, yaitu tidak muncul data seluler setelah dipasang di Andrid, Anda bisa langsung mencoba cara-cara dibawah ini.

1. Aktifkan Mode Pesawat

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah mengaktifkan mode pesawat, selanjutnya melakukan restart pada perangkat, setelah menyala lagi mode pesawat di nonaktifkan kembali.

Cara ini sepertinya memang sepele tetapi tidak ada salahnya jika Anda coba. Sebagian perangkat lambat dalam membaca jaringan baru, dengan merefresh nya jaringan baru akan segera terdeteksi.

2. Registrasikan Simcard.

Pengalaman pribadi setelah berulang kali menggunakan Simcard baru atau Simcard kuota sekali pakai, data seluler langsung muncul tanpa diregistrasi, kuotanya juga bisa langsung digunakan.

Entah mengapa beberapa hari kebelakang Simcard baru yang saya beli tidak muncul data selulernya setelah dipasang di Android.

Dari hasil penelusuran ada juga yang berhasil memunculkan data seluler setelah Simcard nya diregistrasi. Itulah kenapa saya menyarankan Anda untuk mencoba cara ini terlebih dahulu.

3. Ubah Jenis Jaringan

Cara terakhir yang bisa Anda coba untuk mengatasi tidak munculnya data seluler setelah Simcard dipasang di Android adalah dengan mengubah Jenis jaringan.

Cara ini yang berhasil saya lakukan untuk memunculkan data seluler dengan Simcard yang baru. Nah jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil, silahkan Anda coba cara terakhir berikut ini.

Silahkan buka pengaturan kemudian pilih jaringan seluler, didalamnya terdapat tiga pilihan 2G, 3G dan 4G. 

3 Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Di Android

Jika perangkat Anda menggunakan jaringan 4G silahkan ubah ke 3G terlebih dahulu, selanjutnya restart dan tunggu sampai perangkat menyala kembali.

Apabila perangkat sudah menyala kembali icon data 3G akan terlihat dipojok atas layar perangkat Anda. Silahkan lakukan browsing untuk mengetes apakah data seluler nya sudah berfungsi dengan baik.

Setelah data seluler 3G sudah muncul dan bisa digunakan untuk melakukan browsing, Anda bisa menggantinya kembali dengan jaringan 4G. Setelah ini dipastikan perangkat Anda akan bisa mengakses internet dengan lancar seperti biasanya.

Demikianlah update artikel yang bisa saya tulis pada kesempatan ini, semoga bermanfaat.



6/03/2021

0 komentar:

Post a Comment