Cara Hard Reset Dan Melewati Verifikasi Identitas (Samsung J2 Prime SM-G532G/DS)

05 November 2019

Kunci pola, pin dan kata sandi sangat berguna untuk mengunci layar, mengamankan semua data didadalmnya, dan melindungi perangkat dari tindakan seseorang yang berupaya menggunakan perangkat tanpa izin.

Dengan mengaktifkan kunci layar orang yang berusaha menggunakan perangkat tanpa sepengetahuan kita akan kesulitan, dia tidak akan bisa melakukannya, dengan begitu hal-hal pribadi kita bisa terjaga dengan baik.

Tapi sayang selain menjadi pelindung kunci layar kadang jadi bumerang bagi sebagian orang, mereka yang terlalu khawatir jika hal-hal pribadinya diketahui orang lain selalu membuat kunci yang rumit, karena kelewat rumit mereka sendiri lupa dengan kunci yang telah dibuatnya.

Memang banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasi lupa kunci layar, tapi karena jarang membuahkan hasil hard reset lah yang selalu dipilih untuk mengatasinya, ya meskipun konsekuensinya banyak aplikasi dan file-file ikut terhapus setelah melakukannya.

Pada android keluaran terdahulu masalah kunci layar yang lupa mudah diatasi dengan hard reset, tapi yang terbaru keamanannya ditingkatkan lagi, selain dilengkapi kunci layar perangkat juga dilindungi dengan FRP (Factory Reset Protection), atau kunci verifikasi.

Setelah dilindungi FRP banyak yang kesulitan saat lupa kunci layar karena harus melakukan verifikasi identitas, jika tidak perangkat tetap tidak akan bisa dibuka meskipun di hard reset, sementara untuk verifikasi tidak mudah karena harus memasukan email yang merupakan akunnya perangkat.

Apabila membeli perangkatnya baru mungkin tidak akan kesulitan karena hapal akunnya, tapi jika membelinya second kemungkinan tidak akan hapal, hanya satu cara yang bisa dilakukan yaitu melewati langkah verifikasi.

Ya, meskipun keamanan nya semakin diperketat tetapi selalu ada celah untuk masuk, hanya saja setiap perangkat memiliki cara dan aplikasi yang berbeda, kita harus sabar dalam mencari cara yang sesuai dengan merek dan tipenya perangkat.

Karena banyak yang kesulitan melewati verifikasi identitas Samsung J2 prime SM-G532G/DS, saya lakukan uji coba pada perangkat model ini, setelah berhasil saya tuangkan kedalam artikel ini plus cara melakukan hard resetnya.

Dengan menulisnya secara bersamaan, kamu tidak perlu repot mencari artikel yang lain lagi, setelah melakukan hard reset tinggal melanjutkan cara yang berikutnya, yaitu melewati verifikasinya, semua telah saya tulis secara lengkap dibawah ini:


CARA HARD RESET SAMSUNG J2 PRIME SM-G532G/DS
  • Perhatikan daya batrai jika lebih dari 50% silahkan lanjutkan, jika kurang sebaiknya isi terlebih dahulu untuk mencegah kegagalan akibat kehabisan daya sewaktu proses hard reset sedang berlangsung.
  • Matikan Perangkat dan tunggu sampai benar-benar mati, dalam keadaan mati tekan tombol home, power dan volume(+) secara bersamaan, setelah muncul logo samsung lepaskan tombol power, sementara volume (+) dan home tetap dalam keadaan ditekan.
  • Dalam beberapa saat akan muncul logo android yaitu robot yang berwarna hijau, lepaskan tombol home dan volume (+) karena ini artinya telah berhasil masuk ke mode android recovery, tekan kembali volume (+) dan home secara bersamaan untuk memunculkan pilihan.
  • Setelah muncul pilihan Pilih wipe data/factory reset, gunakan tombol volume (+) untuk bergeser ke atas dan volume (-) untuk bergeser kebawah, sementara untuk memilih atau Ok/yes tekan tombol power.
  • Selanjutnya pilih Yes untuk komfirmasi dan tunggu sampai prosesnya selesai, setelah selesai akan muncul lagi pilihan silahkan pilih Reboot System Now maka secara otomatis perangkat akan melakukan restart.
Apabila perangkat menyala kembali atau selesai melakukan restart muncul notifikasi seperti ini
Terdapat percobaan tanpa otorisasi untuk mereset perangkat Anda kepengaturan default pabrik. Sambungkan ke WI-FI atau jaringan seluler untuk memverifikasi identitas Anda.
Ini berarti perangkat kamu dilindungi FRP dan harus melakukan Verifikasi Identitas. Jika ingat dengan akunnya silahkan verifikasi tetapi jika tidak terpaksa kamu harus melewati langkah verifikasi itu, tapi kamu tidak perlu khawatir caranya akan saya tulis dari awal sampai akhir, jadi silahkan simak baik-baik dibawah ini.

CARA MELEWATI VERIFIKASI IDENTITAS SAMSUNG J2 PRIME SM-G532/DS

Sebelum melakukan cara melewati verifikasi identitas, download terlebih dahulu aplikasi Test DPC menggunakan perangkat lain disini lalu simpan di penyimpanan eksternal atau memory card, untuk mempermudah buat folder dan beri nama Aplikasi Test DPC. Setelah berhasil pindahkan memory card pada perangkat yang sedang diperbaiki. Selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut ini.
  • Nyalakan perangkat dan lakukan pengaturan, akan muncul perintah untuk menghubungkan perangkat kejaringan, buat hotspot wifi portabel dari perangkat lain atau wifi jika tersedia, sambungkan perangkat kejaringan yang telah disiapkan dan tunggu sampai tersambung.
  • Setelah perangkat tersambung kejaringan yang dipilih silahkan tekan tombol home 3x dengan cepat, jika berhasil langkah ini akan mengaktifkan fitur Talkback, tandanya perangkat akan bicara sendiri jika salah satu opsi yang terdapat di layar kita sentuh.
  • Selanjutnya tekan tombol Back atau tombol untuk kembali 2x sampai kembali ke menu wifi yang terkoneksi, atau menu dengan nama wifi yang tersambung pada perangkat yang statusnya aktif. Usap layar dari atas ke bawah lalu kekanan membentuk hurup "L" langkah ini akan memunculkan menu pengaturan.
  • Apabila telah muncul menu pengaturan pilih text-to-speech setting, kamu akan dibawa ke menu untuk melakukan pengaturan text to speech, tetapi jika tidak berhasil usap kembali layar membentuk hurup "L" saya berulang kali melakukan langkah ini untuk bisa memunculkan menu pengaturan.
  • Jika telah berhasil memunculkan menu pengaturan silahkan nonaktifkan Talkback dengan cara menekan 3x tombol home dengan cepat, atau sama dengan pada saat mengaaktifkannya.
  • Untuk selanjutnya klik tombol untuk kembali atau tanda panah yang terletak di pojok atas layar sebelah kiri, ini untuk masuk kemenu pengaturan utama ponsel. setelah masuk klik menu Pemeliharaan perangkat.
Cara Hard Reset Dan Melewati Verifikasi Identitas (Samsung J2 Prime SM-G532G/DS)
  • Didalam menu pemeliharaan perangkat pilih yang kedua yaitu menu untuk mengoptimalkan penyimpanan perangkat, yaitu tepat disebelah kanan menu penggunaan batrai.
Cara Hard Reset Dan Melewati Verifikasi Identitas (Samsung J2 Prime SM-G532G/DS)
  • Klik tiga tanda titik yang berjajar kebawah yang terletak di pojok atas layar sebelah kanan lalu pilih pengaturan penyimpanan.
Cara Hard Reset Dan Melewati Verifikasi Identitas (Samsung J2 Prime SM-G532G/DS)
  • Akan terbuka lagi pilihan baru untuk mengatur penyimpanan folder yang akan ditampilkan, silahkan klik jelajah atau pilihan menu yang paling bawah.

Cara Hard Reset Dan Melewati Verifikasi Identitas (Samsung J2 Prime SM-G532G/DS)
  • Selanjutnya klik File saya yaitu pilihan yang berada disebelah kiri, atau anda bisa melihat gambar untuk memperjelas.

Cara Hard Reset Dan Melewati Verifikasi Identitas (Samsung J2 Prime SM-G532G/DS)
  • Setelah terbuka klik kartu SD akan terbuka semua folder yang menggunakan penyimpanan eksternal, cari dan buka folder tempat kamu menyimpan aplikasi Test DPC.
  • Setelah aplikasi Test DPC ditemukan silahkan di instal dan jika diblock karena apliasi berasal dari sumber tidak dikenal, aktifkan unknown source lalu lanjutkan penginstalan.
  • Apabila aplikasi telah selesai dinstal silahkan buka dan pilih Setup > Aggree > Setup > Ok. Selanjutnya buka kembali folder tempat menyimpan aplikasi Test DPC, instal kembali aplikasi Test DPC yang kedua kalinya untuk melakukan pengaturan, setelah selesai buka kembali aplikasinya, perhatikan menunya berbeda dengan pada saat membuka aplikasi pertama kalinya.
  • Klik Setup Manage Profile dan Klik Setup > Delete > Agree > Setup > Ok. Tunggu selama prosesnya berlangsung, jika selesai otomatis akan keluar dari aplikasi Test DPC.
  • Setelah keluar dari aplikasi Test DPC muncul jendela atau popup Setup Finished silahkan pilih Add Account lalu Next silahkan masukan email baru dan Next masukan passwordnya selanjutnya klik Accept dan tunggu prosesnya lalu Finish.
Sampai disini prosesnya telah selesai, silahkan klik tombol back atau kembali sampai ke tampilan utama, atau homescreen.

Cukup sekian semoga bermanfaat.



11/05/2019

3 komentar: