Hati-Hati Jika Menemukan Tautan Ini Di Facebook

05 April 2021

Postingan ini merupakan pengalaman yang baru beberapa hari saya alami. Sengaja di publikasikan supaya tidak menimpa lebih banyak orang lagi.

Hati-Hati Jika Menemukan Tautan Ini Di Facebook

Tepatnya kejadiannya adalah sebagai berikut.

Pada tanggal 30 Maret 2021 tepatnya pukul 10.30, seorang teman membagikan tautan di facebook. Dalam deskripsi ia menulis seperti ini:

"Saya berhasil mencari tahu siapa saja yang selalu mengintip Profil saya."

"Saya yakin Anda tidak akan percaya"

"Sama, sebelum nya saya juga seperti itu, tapi saya berani mencoba."

"Ternyata memang benar, dengan cara ini saya berhasil mencari tahu siapa saja yang selalu kepoin profil saya."

Sebenarnya sering saya menemukan tautan seperti ini. Tetapi selalu di abaikan. Untuk kali ini saya terbujuk dengan deskripsinya yang meyakinkan. Saya klik tautan itu karena penasaran ingin tahu kebenarannya.

Seperti pada situs kebanyakan. Awal nya kita diminta untuk  melakukan registrasi. Memasukan Nama, Tanggal lahir, Alamat, No HP, Email dan Password. Selanjutnya login.

Setelah mendaftar saya login menggunakan email dan password yang di daftarkan.  Tetapi halaman yang di akses tidak pernah terbuka. Akhirnya saya menutup halaman tersebut dan kembali ke facebook dengan perasaan dongkol.

Pada pukul 13.30 atau 4 jam setelah saya registrasi ke situs tersebut. Saya mendapat email dari facebook. Karena dikira hanya pemberitahuan pertemanan saja. Saya acuhkan email tersebut.

Pada pukul 18.30 WIB saya  buka email tersebut. Ternyata isinya memberitahukan jika akun facebook saya diubah sandinya. Padahal saya tidak melakukan itu.

Penasaran saya buka akun facebook untuk mengecek. Ternyata benar saya tidak bisa login menggunakan sandi yang biasa di gunakan.

Setelah tahu akun facebook ada yang meretas. Saya tenang-tenang saja karena ini bukan pertama kalinya. Saya begitu percaya diri karena selalu berhasil mengatasinya.

Tanpa menunggu  saya login ke akun facebook melalui fitur lupa sandi. Alamaaak... alangkah terkejutnya saya ketika mendapati email akun saya  sudah diganti.

Saya coba tetap tenang meskipun tahu jika tanpa email akan sulit sekali untuk bisa login. Saya masih memiliki harapan untuk bisa login yaitu dengan ussername.

Selanjutnya saya buka akun lain untuk melihat ussername akun facebook utama saya.  Dan kali ini saya benar-benar panik. Ternyata Profil akun saya juga tidak bisa ditemukan.

Begitu tahu profil facebook saya lenyap. berbagai cara saya coba untuk mengatasinya. Sayang sampai detik ini usaha saya belum juga membuahkan hasil.

Email maupun formulir permohonan yang saya kirimkan ke facebook tidak juga mendapat respon. Alhasil saya cemas jika akun saya tidak akan bisa dipulihkan.

Harapan saya seandainya akun saya tidak bisa di pulihkan. Akun segera dinonaktifkan supaya tidak di salah gunakan.

Bagi Anda sekalian saya mengingatkan. Jangan coba-coba mengklik tautan sembarangan di facebook. Kecuali sumbernya sudah terpercaya.

Tautan yang kali ini di gunakan sebagai perangkap, yaitu tautan yang menawarkan jasa untuk mencari tahu akun yang selalu mengintip profil kita.

Apabila perangkap ini dirasa sudah tidak epektif lagi. Mereka akan menggantinya dengan perangkap yang baru. Untuk itu berhati-hatilah setiap kali menerima tautan di facebook. Semoga pengalaman yang saya share ini bermanfaat.



4/05/2021

0 komentar:

Post a Comment