Gak Nyangka! Ini Penyebab Jaringan Menjadi Edge Pada Android

27 March 2020

Penyebab jaringan menjadi Edge- Beberapa hari yang lalu saya kesulitan melakukan chatting maupun browsing menggunakan Handphone, penyebabnya karena SIM yang saya gunakan tiba-tiba jaringan nya menjadi sangat lemah, Bar signal perangkat android yang saya gunakan menampilkan jaringan E atau Edge, jaringan yang sangat sulit untuk bisa terhubung ke internet, kalaupun bisa terhubung sangat lelet dan menjengkelkan.

Gak Nyangka! Ini Penyebab Jaringan Menjadi Edge Pada Android


Awalnya saya mengira jika penyebab jaringan menjadi Edge pada android saya adalah, SIM yang saya gunakan jaringan nya melemah, atau saya berada di area yang jangkauan jaringan nya lemah, ternyata saya salah, buktinya beberapa orang yang berada disekitar saya, mereka juga menggunakan SIM dari operator yang sama pada perangkatnya, tidak mengalami masalah serupa, Bar signal pada perangkat mereka menunjukan jaringan yang kuat, yaitu 3G dan 4G, mereka juga bisa melakukan chatting maupun browsing dengan lancar.

Setelah tahu jika masalahnya bukan terletak pada jaringan operator, tetapi pada perangkat yang saya gunakan, saya coba untuk mengatasinya sendiri, tetapi karena selalu tidak membuahkan hasil, saya meminjam perangkat mereka untuk browsing mencari tahu apa penyebabnya, saya yakin setelah mengetahui penyebab nya saya akan bisa mengatasinya, optimis saya akan berhasil mengembalikan jaringan android menjadi 3G kembali.

Dari browsing yang saya lakukan dapat diketahui, salah satu penyebab jaringan android menjadi Edge adalah, perangkat lemah dalam mendeteksi jaringan baru setelah sebelumnya dibawa ke area yang jaringan nya lemah. Entahlah itu benar atau tidak, saya juga tidak terlalu memperdulikan itu, yang penting saya bisa mengembalikan jaringan Edge pada perangkat yang saya gunakan dengan cara-cara yang mereka sampaikan, yaitu:
  • Menyalakan Mode Pesawat Dan Merestart Perangkat
Cara pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi jaringan Edge pada perangkat android, menurut saran mereka adalah dengan me Refresh jaringan. Caranya yaitu dengan menyalakan Mode Pesawat kemudian me Restart perangkat, apabila perangkat sudah menyala kembali selanjutnya Mode Pesawat di nonaktifkan lagi.

Dari komentar-komentar yang terdapat pada artikel tersebut, memang benar ada yang berhasil mengatasi permasalahan jaringan pada perangkat miliknya dengan cara ini, tetapi mungkin saya belum beruntung, setelah melakukan cara ini, Bar signal pada perangkat android saya masih memperlihatkan jaringan Edge.

  • Menonaktifkan Dan Mengaktifkan Kembali SIM
Apabila cara pertama belum berhasil, cara lainnya yang harus dicoba adalah menonaktifkan dan mengaktifkan kembali SIM pada Manajemen SIM. Caranya, buka pengaturan dan cari informasi SIM, setelah ditemukan menu untuk mengaktif dan menonaktifkan SIM, segera nonaktifkan SIM, setelah beberapa saat aktifkan kembali SIM, begitu katanya. Dengan segera saya juga melakukan itu, tetapi ternyata cara ini juga belum juga bisa mengatasi masalah jaringan pada android yang saya gunakan.

  • Mengubah Mode Jaringan Pada Info Telepon
Berikutnya cara untuk mengubah jaringan Edge pada Android supaya menjadi 3G kembali adalah dengan mengubah mode jaringan pada Info telepon. Caranya buka menu telepon lalu ketik *#*#4636#*#*, setelah masuk pilih Informasi telepon, setel jaringan yang disukai dari GSM only, atau dari pilihan yang lain menjadi GSM/WCDMA auto (PRL). Sayangnya saya tidak bisa melakukan cara ini, entah apa sebabnya setiap kali memilih GSM/WCDMA auto (PRL), pengaturannya selalu kembali ke GSM only.

  • Memeriksa Slot Yang Digunakan Untuk Memasang SIM
Pada saat membaca cara yang terakhir, jujur saja saya ragu akan berhasil, bagaimana tidak, dengan cara lain saja yang menurut saya lebih masuk akal tidak berhasil, apalagi dengan cara ini, mana bisa kita mengatasi jaringan Eddge pada android hanya dengan memeriksa Slot SIM nya saja, tetapi saya tidak memiliki pilihan lain, semua cara yang sebelumnya sudah dicoba belum juga membuahkan hasil, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba cara ini, tapi sebelum itu saya akan membaca kembali artikel yang dijadikan panduan sampai selesai, karena sebelumnya saya hanya membaca langkah-langkahnya saja.

Setelah membaca artikel secara keseluruhan saya merasa kaget, dibagian akhir artikel dijelaskan jika beberapa perangkat Android sudah menetapkan pengaturan SIM yang tidak bisa di ubah, SIM1 untuk jaringan 3G/2G sedangkan SIM2 hanya untuk jaringan 2G saja. Sementara selama ini saya mengira jika semua perangkat sama saja, kita bisa memilih jaringan 3G atau diatasnya tanpa harus memasang SIM pada Slot SIM1, ternyata maksud Memeriksa Slot Yang Digunakan Untuk Memasang SIM pada cara ini adalah, memastikan apakah benar kita memasang SIM pada Slot 1, karena jika salah jaringan Edge pada perangkat android tidak akan pernah menjadi 3G.

Dengan segera saya memeriksa Slot SIM pada perangkat android yang saya gunakan, ternyata memang benar pada kedua Slot SIM diberi keterangan, SIM1 3G/2G sedangkan SIM2 2G, pantas saja jaringan pada perangkat android yang saya gunakan selalu Edge, ternyata masalahnya karena saya memasang SIM pada Slot 2 yang notabene jaringan nya adalah 2G. KAMSE UPAY saya baru tahu semua ini, salahnya saya tidak pernah memperhatikan tulisan yang terdapat pada slot SIM, padahal saya sering melihatnya. Benar-benar Gak Nyangka! Ini Penyebab Jaringan Menjadi Edge Pada Android yang saya gunakan.



3/27/2020

0 komentar:

Post a Comment