Cara Hard Reset Dan Unlock FRP Lenovo A1000m

07 September 2019

Cara Hard Reset Dan Unlock FRP Lenovo A1000m

Setelah berulang kali membuka kunci Hp dengan hard reset, saya kira tidak akan ada yang lebih sulit dari Hp Mito A880, ternyata ada yaitu pada saat membuka kunci Hp Lenovo A1000m, kesulitan nya terjadi pada saat Hp selesai di hard reset, Hp masih dilindungi dengan Factory Reset Protection atau FRP, kita harus verifikasi email yang terkait dengan akun google untuk membukanya.

Kalau hapal email dan sandinya sih tak jadi masalah, tapi jika tidak tentu kita akan kesulitan untuk membukanya, kita harus melakukan verifikasi email yang terkait dengan akun google di perangkat ini, atau Unlock FRP jika emailnya tidak hapal, tapi itu juga tidak mudah, kita membutuhkan aplikasi QuickShortcutMaker untuk melakukannya.

Dengan aplikasi QuickShortcutMaker, kita bisa melewati verifikasi email terkait dan langsung Sig in ke email yang kita hapal, dengan begitu kita tidak perlu menebak-nebak apa nama emailnya.

Sebelum Unlock FRP, saya akan menjelaskan terlebih dahulu cara melakukan hard reset nya, sebab langkah awal melakukan hard reset Hp Lenovo A1000m sedikit berbeda, setelah ini baru saya jelaskan cara unlock FRP dan cara menggunakan aplikasinya, silahkan simak baik-baik!

BACA JUGA:
3. Cara Membuka Kunci Pola, Pin Atau Kata Sandi Hp Android
Awas!!! Cara Membuka Pola, Pin Dan Password Hp Ini Berbeda
Cara Membuka Kunci Layar Lenovo A328 Dengan Cepat
Cara Hard Reset Plus Verifikasi Email (Asus Zenfone Go X014D)

Cara Hard Reset Hp Lenovo A1000m

a. Matikan Hp dan tunggu sampai benar-benar mati, dalam keadaan mati siapkan jari telunjuk kirimu pada tombol volume (+), dan jari tengah mu ke tombol volume (-), tapi jangan ditekan dulu.

b. Tekan dan tahan tombol power bersamaan dengan volume (-), tunggu sampai Hp bergetar, tepat pada saat Hp bergetar tekan tombol volume (+) akan masuk ke mode recovery atau mode pemulihan, Jika tidak berhasil masuk ke mode recovery ulangi langkah ini, ingat urutan nya harus benar baru kamu bisa masuk ke mode ini.

c. Setelah berhasil masuk pilih menu Wipe data/factory reset, untuk bergeser ke atas atau kebawah gunakan tombol volume, dan untuk ok atau memilih menu gunakan tombol power.


d. Setelah memilih Wipe data/factory reset, selanjutnya melakukan konfirmasi yaitu dengan mengklik Yes -- delete all user data dan klik lagi wife cache partition.


c. Setelah selesai pilih reboot sytem now, Hp akan restart dan tunggu sampai Hp benar-benar menyala kembali, Hp akan otomatis masuk ke pilihan bahasa, silahkan atur ke bahasa Indonesia.

Sampai disini sebenarnya proses hard reset sudah selesai, kamu tinggal melakukan pengaturan, tetapi apabila perangkat meminta verifikasi email yang terkait dengan akun google, dan kamu tidak hapal apa nama email dan sandinya, terpaksa kamu harus melakukan proses berikutnya yaitu unlock Factory Reset Protection nya, hanya ini satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk membukanya.

Tapi kamu tidak perlu khawatir saya akan memberitahukan cara unlock FRP nya, kamu tinggal mengikuti langkah demi langkah nya saja.

Cara Unlock Factory Reset Protection atau FRP Lenovo A1000m

Seperti yang saya sebutkan di awal, untuk unlock FRP dibutuhkan aplikasi QuickShortcutMaker, jadi mau tidak mau kamu harus mendownload aplikasi ini, ada dua cara yang bisa kamu pilih untuk mendownloadnya, silahkan pilih yang menurut kamu paling mudah.

1. Download aplikasi QuickShortcutMaker menggunakan Hp lain, lalu simpan di penyimpanan eksternal atau memory card.

2. Download aplikasi QuickShortcutMaker langsung di Hp yang diperbaiki.

Perbedaan cara mendownload aplikasi ini, sedikit membedakan juga langkah-langkah pengerjaanya, tapi sebagian besarnya sama saja.

1. Cara unlock FRP menggunakan aplikasi QuickShortcutMaker, aplikasinya disimpan di memory card.

a. Download terlebih dahulu aplikasi QuickShortcutMaker Disini, lalu simpan di memory Card atau penyimpanan eksternal, jika hasil download otomatis ke penyimpanan internal jangan lupa salin ke eksternal, simpan di folder yang mudah di ingat.

b. Copot memory eksternal dan pasang pada Hp yang bermasalah atau sedang diperbaiki.

c. Siapkan koneksi internet dengan menyalakan hotspot portabel Hp lain, atau sambungan wifi jika tersedia.

d. Nyalakan Hp Lenovo A1000m yang bermasalah, secara otomatis masuk kepilihan bahasa, gulir ke atas atau kebawah untuk mencari bahasa, silahkan pilih bahasa Indonesia dan klik tanda panah.

e. Setelah tersedia menu untuk memilih sambungan, silahkan sambungkan ke hotspot portabel yang kamu buat, atau jika kamu menggunakan wifi, sambungkan ke wifi, tunggu sampai muncul pemberitahuan tersambung.

f. Setelah tersambung pilih next atau berikutnya sampai masuk ke menu untuk verifikasi email.

g. Klik tempat yang disediakan untuk memasukan email sampai muncul keyboardnya.

h. Tekan dan tahan tombol @ sampai muncul menu tambahan, silahkan klik google keyboard setting, atau pilihan yang paling bawah.

i. Setelah mengklik google keyboard setting akan muncul jendela baru, silahkan klik menu yang berupa tiga tanda titik yang berjajar kebawah, letaknya dipojok atas sebelah kanan.

j. Setelah mengklik tiga tanda titik yang berjajar kebawah akan terbuka lagi jendela baru, silahkan klik About google keyboard sampai terbuka jendela baru lagi.

k. Jendela baru yang terbuka adalah tentang lisensi keyboard google, silahkan klik Open Source Licenses, akan terbuka lisensi google, tidak perlu dibaca, blok saja satu kata di bagian mana saja, ini hanya untuk memunculkan menu searching atau pencarian, logonya berbentuk kaca pembesar dan terletak di pojok atas sebelah kanan, silahkan klik logo tersebut.

l. Setelah logo pencarian di klik, ketik "explorer" nanti akan muncul aplikasi explorer, klik aplikasi tersebut dan cari penyimpanan eksternal atau memory card, temukan folder tempat kamu menyimpan aplikasi QuickShortcutMaker nya, setelah ketemu silahkan di instal.

m. Pada saat aplikasi akan di instal muncul jendela baru, ini karena aplikasi yang akan dipasang bukan bawaan google, izinkan untuk memasang aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, caranya silahkan gulir dan cari Unknown resource kemudian aktifkan.

n. Setelah unknown resource di aktifkan sekarang kamu bisa menginstal aplikasinya, silahkan instal kemudian buka, apabila sudah terbuka ketikan di pencarian "google", akan muncul beberapa pilihan menu, pilih yang paling atas yaitu Google Account Manager.

o. Klik Google Account Manager, pilih yang di bawah nya terdapat tulisan type email & pasword, akan muncul jendela baru, silahkan pilih yang bertuliskan TRY, akan terbuka jendela baru untuk mengisi username dan password, jangan di isi karena kita akan sign in langsung ke email milik kita.

p. Lihat di pojok atas sebelah kanan, akan terdapat menu berupa tiga titik berjajar kebawah, silahkan di klik dan pilih browser sign in, setelah terbuka silahkan masukan email milik kamu beserta sandinya.

q. Apabila berhasil memasukan email baru beserta sandinya, browser akan login, tunggu sampai selesai, nanti setelah selesai akan kembali ke menu Google Account Manager, setelah kembali lagi ke menu ini, artinya kamu telah berhasil melewati verifikasi google.

r. Selanjutnya restart Hp Lenovo A1000m yang sedang kamu perbaiki, tunggu sampai Hp nyala kembali, secara otomatis masuk ke pengaturan bahasa dan lain nya, silahkan atur sampai layar kembali ke tampilan utamanya.

s. Setelah selesai melakukan pengaturan, lanjutkan ke tahap yang terakhir yaitu factory reset, tujuan nya agar Hp benar-benar clean terbebas dari FRP, cabut terlebih dahulu memory card sebelum melakukan factory reset, jika tidak akan banyak file yang ikut terhapus.

t. Setelah melakukan factory reset, Hp kamu sudah aman dan tidak terkait lagi dengan akun lama, catat email dan sandi yang sekarang kamu gunakan, nanti jika harus melakukan hard reset lagi, kamu tidak kesulitan karena harus melakukan unlock FRP.

2. Cara unlock FRP, mendownload aplikasi QuickShortcutMaker langsung di Hp yang di perbaiki.

a. Siapkan Koneksi internet dengan menyalakan hotspot portabel di Hp lain, atau sambungan Wifi jika tersedia.

b. Nyalakan Hp Lenovo A1000m yang bermasalah, jika sebelum nya sudah menyala, tinggal lanjutkan untuk memilih bahasa, pilih bahasa indonesia dan klik tanda panah.

c. Setelah mengklik tanda panah, langkah selanjutnya adalah memilih sambungan, silahkan sambungkan ke Hotspot portabel yang kamu buat, atau jika menggunakan wifi, silahkan sambungkan ke wifi, tunggu sampai ada pemberitahuan tersambung.

d. Apabila sudah ada pemberitahuan tersambung, pilih next atau berikutnya, tunggu sampai muncul perintah untuk memasukan email.

e. Setelah halaman untuk memasukan email terbuka, klik pada tempat yang disediakan untuk memasukan email nya, akan muncul keyboard untuk melakukan pengetikan.

f. Tekan dan tahan tombol @ sampai muncul logo gerigi, klik logo itu dan pilih google keyboard setting, atau pilihan yang paling bawah.

g. Setelah memilih google keyboard setting akan muncul jendela baru, silahkan klik tiga tanda titik yang berjajar kebawah, letaknya di pojok atas sebelah kanan.

h. Ketika jendela baru sudah terbuka, pilih About google keyboard, ini akan memunculkan lagi halaman baru, klik Open Source Licenses

i. Setelah Open Source Licenses di klik, akan membuka halaman lisensi google, tapi tidak perlu kamu baca, blok saja satu kata terserah di bagian mana, ini hanya untuk memunculkan menu searching atau pencarian saja, logo pencarian berbentuk kaca pembesar, letaknya di pojok atas sebelah kanan, silahkan di klik logo tersebut.

j. Jika logo pencarian sudah di klik silahkan pilih google App, akan muncul browser google, ketik "QuickShortcutMaker" akan terbuka halaman untuk mendownload aplikasi ini, silahkan download dari link mana saja, kecuali dari play store, karena jika memilih dari play store, akan mengulangi lagi prosesnya dari awal.

k. Kembali ke halaman pencarian, klik lagi logo kaca pembesar, sekarang ketik "explorer" nanti akan muncul aplikasi explorer, silahkan di klik untuk membukanya, cari aplikasi QuickShortcutMaker yang tadi di download, setelah ketemu silahkan di instal.

l. Pada saat akan di instal, akan muncul jendela baru, ini karena aplikasi yang akan dipasang bukan bawaan google, aktifkan saja izin untuk untuk memasang aplikasi, dari sumber yang tidak dikenal, caranya gulir kebawah dan cari Unknown resource, setelah ketemu silahkan aktifkan.

m. Jika Unknown resource sudah di aktifkan, kamu pasti bisa menginstal aplikasinya, silahkan di instal kemudian buka, setelah terbuka ketik di pencarian "google", akan muncul beberapa pilihan, silahkan pilih yang paling atas yaitu Google Account Manager.

n. Klik Google Account Manager, pilih yang dibawah nya terdapat tulisan type email & pasword, nanti akan muncul jendela baru, silahkan pilih yang terdapat tulisan TRY, setelah di klik akan terbuka halaman untuk mengisi username dan password, tapi tidak perlu di isi karena kita akan langsung sign in ke email milik kita.

o. Lihat di pojok atas sebelah kanan, akan terdapat tiga titik berjajar kebawah, klik menu tersebut dan pilih browser sign in, setelah terbuka silahkan masukan email kamu beserta sandinya.

p. Setelah berhasil memasukan email beserta sandinya browser akan login, tunggu sampai login nya selesai, nanti akan kembali lagi ke menu Google Account Manager, atau menu awal di aplikasi Quick Shortcut Maker, jika telah kembali ke menu Google Account Manager, artinya kamu telah berhasil melewati verifikasi google.

q. Apabila telah kembali ke menu Google Account Manager, langkah selanjutnya adalah merestart Hp Lenovo A1000m kamu, tunggu sampai Hp nyala kembali, nantinya akan masuk ke pengaturan bahasa dan lainnya, silahkan atur sampai layar kembali ke tampilan utama.

r. Setelah selesai melakukan pengaturan, lakukan factory reset, ini adalah langkah terakhir untuk membersihkan nya, cabut terlebih dahulu memory card sebelum melakukan nya, apabila kamu telah selesai melakukan factory reset, Hp kamu sudah bersih terbebas dari FRP,

s. Untuk berjaga-jaga catat email dan sandi yang sekarang kamu gunakan, apabila nanti kamu harus melakukan hard reset lagi, misalnya karena lupa pola, kamu tidak akan kesulitan karena harus melakukan Unlock FRP lagi.

Cukup sekian, semog bermanfaat.



9/07/2019

0 komentar:

Post a Comment